Tuesday, November 3, 2015

Microsoft turunkan kapasitas gratis OneDrive dari 15GB ke 5GB saja

Selama ini Microsoft merupakan salah satu perusahaan teknologi yang murah hati dengan memberikan kapasitas gratis penyimpanan berbasis awan OneDrive sebesar 15GB, dibandingkan dengan Apple iCloud yang hanya memberikan kapasitas penyimpanan gratis 5GB. Namun mulai tahun depan hal ini akan berubah.

Melalui postingan blog resmi OneDrive (h/t GSMArena), Microsoft memberi penjelasan adanya pengurangan kapasitas gratis yang diberikan ke semua pengguna dari 15GB menjadi 5GB saja sama seperti yang iCloud berikan.

Selain itu bagi pelanggan Office 365 Home, Personal, atau University, Microsoft akan menghentikan fitur penyimpanan tak terbatas dengan memberikan batasan kapasitas 1TB. Bagi pengguna yang memiliki penyimpanan lebih dari 1TB mereka memiliki batas waktu hingga 12 bulan untuk memindahkan data tersebut sebelum dihapus otomatis oleh Microsoft, berlaku sama bagi pengguna gratis yang memiliki data lebih dari 5GB.

Sebagai tambahan perubahan, pilihan kapasitas penyimpanan 100GB dan 200GB juga tidak tersedia bagi pengguna baru. Mereka hanya akan diberikan pilihan kapasitas penyimpanan 50GB dengan biaya USD1,99 atau sekitar Rp27 ribu per bulannya mulai tahun 2016.

Menurut Microsoft, aturan baru di OneDrive ini diberlakukan karena mereka melihat adanya penyalahgunaan kapasitas yang diberikan. Banyak pengguna yang melakukan back up seluruh koleksi film dan video perekaman DVR mereka sehingga satu pengguna dapat menghabiskan kapasitas hingga 75TB atau 14.000 kali lipat dari penggunaan normal.

Hal itu dirasakan Microsoft sebagai 'penyiksaan' sistem. Jadi mereka memilih untuk memberikan keadilan kapasitas penyimpanan bagi semua pengguna agar layanan tetap dapat berjalan dengan baik.

Tentu banyak yang kecewa akan adanya perubahan peraturan mulai tahun depan ini, jadi bagi pelanggan OneDrive yang merasakan keberatan mereka dapat mengajukan pengembalian biaya langganan.


Source : Gadgetnesia.net

No comments:

Post a Comment